Penyebab Tubuh Bisa Mengidap Penyakit Amiloidosis

Ginjal adalah organ yang sangat penting bagi tubuh. Tapi tahukah kamu jika ginjal juga bisa mnegalami kerusakan? Tugas utama ginjal adalah mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Namun apa yang terjadi apabila tubuh tidak mampu untuk mengeluarkan racun? Tentu akan terjadi penumpukan zat-zat racun yang tidak bisa diolah dan akhirnya terserap kembali di dalam tubuh. Apabila itu terjadi hanya akan menyebabkan komplikasi di dalam tubuh.

Penyakit yang menyebabkan fungsi ginjal tersebut dinamakan dengan penyakit amiloidosi. Menurut alodokter.com penyakit amiloidosis dapat menyerang tubuh manusia disebabkan oleh zat amilod, yaitu ketika terjadi penumpukan zat amilod di dalam ginjal. Zat amilod dalam tubuh tidak dapat diolah dalam porses metabolisme tubuh sehingga apabila terjadi penumpkan zat amilod akan terbentuk sebuah gugus amilod yang disebit dengan deposit amilod. Deposit amilod kemudian akan menyebabkan kerusakan pada organ tubuh. Selain bisa menumpuk di dalam ginjal. Zat amilod juga bisa menyebar ke organ penting lainnya sperti hati, jantung, paru-paru, dan sistem pencernaan.

READ   Cara Mengobati Penyakit Amiloidosis Yang Menyerang Tubuh

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan penyakit amiloidosis menyerang tubuh, beberapa diantara yaitu penumpukan zat amilod yang terjadi di dalam ginjal. Namun tergantung juga dengan jenis amiloidosis yang menyerang tubuh. Apabila jenis penyakitnya adalah amiloidosis AL penyebabnya adalah kareba sumsum tulang belakang yang memproduksi antibodi yang tidak normal pada tubuh. Akibatnya keberadaan antibodi ini akan mengganggu proses metabolisme tubuh.

Penyebab amiloidis lainnya yaitu apabila penyakit yang menyerangnya adalah tipe amiloidosis AA. Dapat menularkan penyakitnya ke organ usus dan menyebabkan penyakit arthritis. Penyakit amiloidosis tipe herediter disebabkan oleh kelainan bawaan umum seperti kelainan hati, saraf, jantung, dan ginjal. Amiloidosis menyerang orang yang telah lama mengidap penyakit ini.

Tubuh yang mengalami penumpukan zat amilod akan menunjukan tanda-tanda berikut :

  • Apabila zat yang menyerang jenis amiloidosis primer gejala-gejala penyakit amilodosis nya adalah urin mengandung albuminuria sebanyak 3,5 gr/24 jam, terjadinya kenaikan lemak dalam darah dari kadar normalnya, terjadinya penurunan serum albumin dala tubuh menjadi 5,9 g/dl, serta terjadinya pembengkakan pada kaki, tangan, dan wajah.
  • Gejala-gejala lain seperti sesak nafas, mudah merasa lelah dan letih, mengalami penurunan berat badan, mengalami tekanan darah rendah, mengalami kesemutan, baal atau merasa terbakar pada kaki dan tangan.
  • Muncul kista dalam tulang.
  •  Merasakan nyeri, sakit, dan kaku pada sendi tubuh.
  • Mengalami kenaikan jumlah beta 2 mikroglobulin di dalam tubuh.
  •    Mengalami carpal tunnel syndrome yang menyebabkan kelemahan, kesemutan dan baal pada tangan.
READ  5 Penyembuhan dengan Ramuan Alam untuk Penyakit Asma

 

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meminimalisir resiko tubuh terserang penyakit amiloidosis selain menghindari sebisa mungkin penyebab dari penyakit amiloidosis ini menurut halodoc.com yaitu :

  1. Mencukupi kebutuhan cairan di dalam tubuh. Pastikan tubuh minum air putih sesuai yang dibutuhkan oleh tubuh. Air putih merupakan cairan yang berperan penting membantu kerja ginjal dalam mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Dengan tercukupinya kebutuan air akan membantu kerja ginjal supaya lebih ringan.
  2. Pastikan tubuh selalu berolahraga dengan rutin.
  3. Menjaga berat badan dengan melakukan diet sehat. Tubuh yang terlalu banyak lemak akan menimbulkan berbagai masalah, dan tubuh yang terlalu kekurangan lemak serta nutrisi atau kurus akan menimbukan masalah juga. Pastikan tubuh dengan berat badan yang seimbang.
  4. Tidak mengonsumsi minuman beralkohol.
  5. Menghentikan kebiasaan merokok. Asap rokok dapat menyebabkan komplikasi pada organ penting tubuh sehingga benda satu itu perlu dihindari, karena jika sudah kecanduan akan susah untuk berhenti.
  6. Berusaha mengontrol tekanan darah. Selalu rutin untuk memeriksa tekanan darah untuk mengantisipasi terjadinya penyakit amiloidosis.
READ  Ketahui Penyakit Anemia Defisiensi Besi

 

Sumber Hellosehat.com