Ketahui Penyakit Anemia Defisiensi Besi

 

Penyakit Anemia defisiensi besi menurut alodokter.com adalah anemia yang disebabkan oleh kurangnya kadar zat besi di dalam tubuh. Saat tubuh terserang penyakit anemia defisiensi besi terjadi kekurangan sel darah merah yang memproduksi hempglobin. Akibatnya selain terserang penyakti ini tubuh juga bisa terserang penyakit. Dampak dari berkurangnya hemglobin di dalam tubuh adalah kurangnya peredaran oksigen ke seluruh bagian tubuh, karena tugas dari emoglobin adalah mengangkut oksigen dan mnyebarkan ke tubuh melalui pembuluh darah. Kurangnya pasokan oksigen di dala tubuh akan menyebabkan tubuh menjadi lemas, letih dan sesak nafas.

Ada banyak penyebab yang menjadikan tubuh kekurangan zat besi. Dimulai dari kurangnya konsumsi makanana yang banyak mengandung zat besi, badan yan tidak mampu menyerap at besi, saat masa kehamilan, atau saat terjadinya pendarahan. Tubuh akan kekurangan zat besi melalui darah yang keluar dari tubuh. Penyakit anemia defisiensi zat besi sudah menjadi permasalahan umum di berbagai negara. Ada banyak kasus di indonesia pengidap penyakit ini. Terutama bagi ibu yang sedang hamil sangat rentan terserang penyakit ini. Sebab-sebab bayi lahir prematur, infeksi dan kematian bayi dan ibu sering dikaitkan dengan penyakit anemia deifsiensi zat besi ini.

READ  Gerakan Senam Ringan yang Patut Kamu Coba

Wanita yang memasuki masa kehamilan sangat rentan sekali kekurangan zat besi. Kondisi ini juga akan berpegaruh pada kesehatan pertumbuhan dan perkembangan janin. Gejala-gejala yang di timbulkan dari penyakit ini yaitu tubuh sering merasa kelelahan tanpa adanya aktivitas berat yang dilakukan, wajah dan tubuh tampak lesu, lemah, letih, lunglai, dan tidak bertenaga, sering mengalami sesak nafas, warna kulit berubah menjadi lebih pucat, merasakan nyeri di bagian dada akibat detak jantung yang tiba-tiba menjadi lebih cepat, merasakan sakit kepala dan pusing, bagian tangan dan kaki teras lebih dingin dari bagian tubuh lainnya, mengalami nafsu makan yang buruk, dan biasanya mengidam makanan yang tidak wajar seperti sering ngemil es batu.

READ      Penyakit Amiloidosis

Faktor yang dapat menyebabkan penyakit anemia defisiensi zat besi menurut hello sehat adalah :

  1. Jenis kelamin. Wanita sering mengalami penyakit ini. Dimulai dari masa menstruasi. Darah haid yang keluar yang tidak wajar tau lebih banyak dari ukuran normalnya akan menyebabkan terjadinya kekurangan darah dalam tubuh. Apabila tidak diimbangi dengan konsumsi makanan yang mengandung zat besi akan berpengaruh buruk bagi tubuh. Saat wanita mengalami masa kehamilan juga rentan akan resiko terserang penyakit ini.
  2. Usia yang sangat rentan terserang penyakit ini adalah anak bayi dan remaja. Apabila tubuh tidak tercukupi pasokan zat besinya melalui asi akan mudah kekurangan zat besi. Apalagi jika anak bayi sangat susah untuk diberi asi. Remaja juga sering tersernag penyakit ini apabila pasokan zat besi dari makanan sangat kurang.
  3. Kegiatan donor darah yang sangat berlebihan akan mnyebabkan kekurangan zat besi dalam tubuh. Wajarnya tubuh bisa mendonorkan darah 3 bulan sekali. Apabila kamu sering donor darah tanpa memperhitungkan jarak aman kamu harus donor maka yang terjadi adalah tubuh kekurangan zat besi. Sangat baik jika kita berniat membantu orang lain dengan menymbangkan darah namun sebelum itu kondisi tubuhmu adalah nomor satu. Jangan sampai kamu menyelamatkan hidup orang namun mencelakai tubuh sendiri.
READ  Penyebab Tubuh Bisa Mengidap Penyakit Amiloidosis

Ada banyak cara untuk mengobati penyakit anemia defisiensi besi diantaranya :

  • Meminum suplemen tambah zat besi.
  • Melakukan infus zat besi.
  • Meminum antibiotik jika terjadi tukak lambung.
  • Transfusi darah apabila anemia semakin parah.

 

Sumber Halodoc.com