Gerakan Senam Ringan yang Patut Kamu Coba

 

Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa posisi duduk yang terlalu lama, contohnya yaitu saat bekerja di kantor akan meningkatkan terjadinya risiko penyakit-penyakit kronis, diantaranya penyakit kardiovaskular, diabetes, hingga  dapat menyebabkan kematian dini. Kamu sepertinya perlu tahu ternyata terdapat banyak cara yang dapat dilakukan untuk meminimalkan terjadinya hal tersebut, salah satunya ialah dengan melakukan gerakan senam ringan di kantor.Tubuh manusia bukan dididesain untuk duduk dalam 12 jam sehari.

Itulah mengapa meskipun sekadar duduk saja di kantor akan menimbulkan terjadinya sakit kepala serta nyeri punggung, juga dapat mempengaruhi kemampuan tubuh dalam pengelolaan gula darah, tekanan darah, serta bertujuan untuk mencerna lemak tubuh, mengakibatkan kegemukan, hingga mampu memunculkan risiko terjadinya tulang keropos akibat osteoporosis. Dari berbagai banyak bentuk aktivitas fisik yang dapat menyingkirkan kelebihan berat badan atau sekadar memperkuat otot, sering kali membutuhkan usaha yang kuat dalam menjalankannya salah satunya yaitu dengan melakukan senam ringan. Satu set gerakan senam ringan setiap hari tak hanya memperlancar aliran darah, melainkan dapat meningkatkan mood kamu. De

READ    Cara Mengobati Penyakit Anemia Defisiensi Zat Besi

Inilah beberapa gerakan senam ringan sebagai cara yang cukup tepat menyiasati tubuh tetap sehat dan bugar!

  1. Gerakan membungkuk

Gerakan senam ringan yang paling sederhana dapat kamu lakukan yaitu gerakan membungkuk. Gerakan ini memiliki manfaat yang sama dengan manfaat gerakan langkah di tempat, membungkuk bertujuan untuk menguatkan otot punggung tengah dan bahu belakang kamu. Cara melakukannya ialah siapkan posisi duduk di pinggir kursi lalu  tekuklah  kedua lutut kamu, lalu memegang dumber dengan posisi yang relaks. Kemudian, bungkukkan tubuh kamu ke depan sampai dada mendekati lutut. Kepala dan leher kamu usahakan untuk berada dalam posisi segaris dengan tulung punggung. Gerakan selanjutnya yaitu angkat kedua lengan dan ke atas sampai setinggi bahu. Kemudian, turunkan lagi ke posisi awal serta  ulangi gerakan tersebut.

Dokter Irwin Kurniadi dari Rumah Sakit Awal Bros Batam, mengatakan berolahraga dapat membantu menstimulasi zat–zat kimia pada otak yang pada akhirnya dapat membuat seseorang lebih santai dan merasa lebih bahagia. Salah satu olahraga ringan yang dapat kamu lakukan yaitu dengan melakukan gerakan senam lho.

  1. Gerakan bolak-balik duduk serta berdiri
READ  5 Manfaat Melakukan Senam Musik Aerobik untuk Ketahanan Fisik

Untuk gerakan pemanasan maka kamu hanya perlu melakukan hal mudah saja. Salah satu gerakan yang dapat kamu lakukan menurut laman Hello Sehat ialah kamu dapat berganti posisi untuk bolak-balik duduk hingga berdiri terus-menerus, akan tetapi tidak menggunakan  bantuan tangan. Dimulai dengan posisi badan duduk tegap lalu kaki menjajak tanah membentuk 90 derajat. Selanjutnya gerakan menekan ke bawah dari tumit kamu, sehingga kamu tidak menggerakkan kaki ke kursi Anda atau gunakan lengan akan tetapi lluruskan kedua tangan ke depan, dan usahakan bahumu dibuka cukup lebar serta posisi tulang punggung yang tegak tapi tidak tegang. Nah gerakan selanjutnya yaitu, coba berdiri.

Dari posisi berdiri, perlahan kamu dapat kembali duduk tegak sambil menahan diri untuk tidak condong ke depan atau gerakan menggeser pinggul ke satu sisi atau sisi yang lain. Ulangi gerakan tersebut 5 sampai 10 kali.

  1. Gerakan memutar bahu
READ  5 Penyembuhan dengan Ramuan Alam untuk Penyakit Asma

Gerakan senam ringan selanjutnya yaitu gerakan duduk dalam posisi tegap. Tarik napasmu dalam-dalam lalu kamu dapat mengangkat kedua bahu setinggi telingamu. Jangan lupa tahan sebentar. Lepaskan serta jatuhkan bahu ke posisi semula. Ulangi  gerakan ini hingga 3 kali. Kemudian gerakan angguk lalu gelengkan kepala Anda dengan perlahan, seakan-akan kamu mengatakan “ya” dan “tidak”. Kamu perlu mengulanginya beberapa kali.

Nah itulah beberapa gerakan senam ringan yang patut kamu coba saat kamu merasa otot-ototmu mulai tegang. Gerakan tersebut juga dapat kamu lakukan sebelum memulai hari sehingga kamu lebih fit dan siap menghadapi pekerjaan yang menumpuk di kantor. Jadi bagaimana, siap mencobanya ?

 

 

Sumber gambar : www.kitamuda.id

: www.hipwee.com