Cara Mengobati Penyakit Anemia Defisiensi Zat Besi

 

 

Penyakit anemia adalah penyakit yang menyerang sel darah merah. Penderita dengan penyakit ini tiak mencukupi jumlah sel darah merah di dalam tubuh akibatnya tubuh tidak bisa menjalankan metabolisme dengan baik. Ada banyak macam jenis anemia, salah satunya adalaha anemia defisiensi zat besi.

Menurut alodokter.com penyakit anemia defisiensi zat besi adalah terjadinya kekurangan zat besi di dalam tubuh karena kekurangan sel darah merah yang memproduksi hempglobin. Akibatnya selain terserang penyakti ini tubuh juga bisa terserang penyakit. Dampak dari berkurangnya hemglobin di dalam tubuh adalah kurangnya peredaran oksigen ke seluruh bagian tubuh, karena tugas dari emoglobin adalah mengangkut oksigen dan mnyebarkan ke tubuh melalui pembuluh darah. Kurangnya pasokan oksigen di dalam tubuh akan menyebabkan tubuh menjadi lemas, letih dan sesak nafas. Lalu bagaimana cara mengobati anemi defisiensi zat besi ini?

Anemia Dapat Di Obati Dengan Berbagai Cara. Berikut Cara Mengobati Anemia Defisiensi Zat Besi Menurut Hellosehat.Com Adalah :

  1. Mengonsumsi Suplemen Penambah Zat Besi. Bagi Orang Dewasa Dosis Yang Diterapkan Oleh Dokter Biasanya 150-200 Gr/ Hari Dan Dibagi Menjadi 3 Kali Minum Setiap Hari.
  2. Melakukan Infus Besi merupakan salah satu cara mengobati penyakit anemia defisiensi zat besi. Ada Banyak Macam Infus Besi Yang Bisa Diterapkan Yaitu :
  • Ferric Gluconate. Yaitu Infus Yang Diberikan Pada Penderita Yang Sedang Mengalami Penyakit Ginjal Yang Parah. Dosis Yang Diberikan Sangat Sedikit.
  • Dekstran Besi. Akan Dilakuakn Pengujian Untuk Melihat Apakah Akan Trjadi Reaksi Alergi Pada Tubuh. Jika Tidak Terjadi Maka Akan Dilanjutkan Dengan Dosis Normal. Infus Jenis Ini Merupakan Infus Dengan Biaya Pengobatan Yang Lebih Murah Dari Pengbatan Infus Jenis Lainnya.
  • Ferric Carboxymaltose. Obat Ini Sangat Ramah Pada Anak-Anak. Pemberian Dosis Ini Bisa Satu Atau Dua Botol Infus Tergantung Dari Tingkat Keparahan Penyakit.
  1. Selain Mengonsumsi Suplemen Tambah Zat Besi, Penderita Juga Akan Disarankan Minum Obat Lain Tergantung Kondisi Tubuh. Biasanya Mengonsumsi Obat Antibiotik Untuk Mengobati Tukak Pada Lambung, Melakukan Operasi Pengangkatan Polip, Tumor, Atau Fibroid Jika Terdapat Di Dalam Tubuh, Dan Melakukan Transfusi Darah Apabila Anemi Semakin Parah.
  2. Pengobatan Di Rumah Juga Dapat Dilakukan Dengan Banyak Cara Yaitu :
  • Mengonsumsi Zat Besi Sesuai Dengan Resep Dokter, Apabila Berlebihan Zat Besi Juga Akan Menyebabkan Masalah Di Dalam Tubuh.
  • Mengikuti Semua Resep Dan Saran Dokter. Tidak Megonsumsi Jenis Obat Lain Diluar Yang Telah Diresepkan Oleh Dokter.
  • Mengonsumsi Jenis Makanan Yanb Banyak Mengandung Zat Besi Seperti Daging, Kacang-Kacangan, Sayur-Sayuran Hijau, Daging Kalkun, Ayam, Ikan, Dan Kerang.
  • Mengonsumsi Multivitamin Jika Sedang Hamil Dan Menyusui.
  • Melengkapi Asupan Dengan Vitamin C Karena Vitamin C Lah Yang Berperan Dalam Menyerap Zat Besi Di Dalam Tubuh.
  • Membatasi Konsumsi Teh Dan Kedelai Karena Akan Menghambat Penyerapan Zat Besi Ke Dalam Tubuh.
READ  5 Manfaat Melakukan Senam Musik Aerobik untuk Ketahanan Fisik

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan tubuh bisa terserang penyakit anemia defisiensi zat besi diantaranya adalah :

  • Jenis kelamin. Wanita sering mengalami penyakit ini. Dimulai dari masa menstruasi. Darah haid yang keluar yang tidak wajar tau lebih banyak dari ukuran normalnya akan menyebabkan terjadinya kekurangan darah dalam tubuh. Apabila tidak diimbangi dengan konsumsi makanan yang mengandung zat besi akan berpengaruh buruk bagi tubuh. Saat wanita mengalami masa kehamilan juga rentan akan resiko terserang penyakit ini.
  • Usia yang sangat rentan terserang penyakit ini adalah anak bayi dan remaja. Apabila tubuh tidak tercukupi pasokan zat besinya melalui asi akan mudah kekurangan zat besi. Apalagi jika anak bayi sangat susah untuk diberi asi. Remaja juga sering tersernag penyakit ini apabila pasokan zat besi dari makanan sangat kurang.
  • Kegiatan donor darah yang sangat berlebihan akan mnyebabkan kekurangan zat besi dalam tubuh. Wajarnya tubuh bisa mendonorkan darah 3 bulan sekali. Apabila kamu sering donor darah tanpa memperhitungkan jarak aman kamu harus donor maka yang terjadi adalah tubuh kekurangan zat besi. Sangat baik jika kita berniat membantu orang lain dengan menymbangkan darah namun sebelum itu kondisi tubuhmu adalah nomor satu. Jangan sampai kamu menyelamatkan hidup orang namun mencelakai tubuh sendiri.
READ   Cara Mengobati Penyakit Amiloidosis Yang Menyerang Tubuh

 

Sumber gambar : Sehatq.com