Cara Mengobati Penyakit Amiloidosis Yang Menyerang Tubuh

 

 

Apa yang terjadi jika ginjal tidak bisa berfungsi dengan semestinya? Tentu akan menjadikan penumpukan racun di dalam tubuh. Lalu akan terjadi berbagai penyakit dan menjadikannya komplikasi. Sebesar itulah pengaruh ginjal bagi tubuh. Ada beberapa penyebab ginjal tidak bisa berfungsi dengan semestinya salah satunya yaitu dikarenakan penyakit amiloidosis. Penyakit amiloidosis disebabkan oleh zat amilod menumpuk di dalam tubu. Zat amilod ini tidak dapat terserap dalam proses metabolsime jadi hanya menumpuk dan jika sudah sampai pada kadar yang tidak terbendung akan menjadikannya pengganggu di dalam tubuh. Lalu bagimana cara mengobati penyakit amiloidosis apabila menyerang tubuh?

Sebelum mengetahui cara-cara pengobatanpenyakit amiloidosis tentu kita harus tahu apa penyebab munculnya penyakit ini. Secara umum zat amilodlah yang menjadikan penyakit amiloidosis menyerang tubuh, selain itu tergantung pada  jenis penyakit yang mneyerang tubuh.

Menurut halodoc.com ada beberapa jenis penyakit amiloidosis ini yaitu :

  • amiloidosis AL, penyebabnya adalah kareba sumsum tulang belakang yang memproduksi antibodi yang tidak normal pada tubuh. Akibatnya keberadaan antibodi ini akan mengganggu proses metabolisme tubuh.
  • Amiloidosis AA. Dapat menularkan penyakitnya ke organ usus dan menyebabkan penyakit arthritis. Penyakit amiloidosis tipe herediter disebabkan oleh kelainan bawaan umum seperti kelainan hati, saraf, jantung, dan ginjal. Amiloidosis menyerang orang yang telah lama mengidap penyakit ini.
  • ATTR Amiloidosis. Penyakit ini disebabkan oleh genetik dari keluarga. Jadi penyakit ini telah ada turun-temurun dari keluarga dan biasanya resiko terserang lebih besar daripada orang lain.
  • ABM2 (beta2-mikroglobulomin terkait dialisis amiloidosis). Terjadi pada pasien yang telah lama menderita penyakit amiloidosis.
READ  5 Penyembuhan dengan Ramuan Alam untuk Penyakit Asma

Gejala-gejala yang ditimbulkan oleh penyakit amiloidosis ini yaitu tubuh mengalami pembengkakan seperti di bagian tangan, kaki, dan wajah. Mengalami penurunan berat badan secara drastis, mengalami diare, merasa kenyang yang terlalu cepat, tubuh merasa lelah dan lemah padahal tidak sedang dalam kegiatan yang menguras tenaga dan fisik, detak jantung tidak beraturan, kesusahan untuk menelan, terdapat protein di dalam urin atau air kencing, terjadi perubahan pada kulit yaitu penebalan pada kulit atau kulit mudah memar, mengalami sesak nafas, tangan sering mengalami kesemutan, dan lidah membesar.

Belum diketahui secara pasti apa yang bisa ditempuh untuk menyembuhkan penyakit amiliodosis pada tubuh penderita. Cara-cara mengobati penyakit amiloidosis ini yang selama dilakukan oleh tubuh hanya untuk mengendalikan gejala agar tidak menyebabkan kerusakan lebih pada tubuh. Ada beberapa cara yang biasa dilakukan untuk mengobati penyakit amiloidosis menurut detik.com yaitu :

  • Pengobatan dengan melakukanterapi obat pengedali gejala amiloidosis. Jenis-jenis obat yang digunakan berupa : melfalan yang berguna untuk mengobati jenis kanker tertentu dan biasa digunakan dalam kemoterapi. Terapi obat deksametason yang berguna sebagai anti inflamasi dan menghambat pertumbuhan sel yang tidak normal yang menjadi penganggu didalam tubuh. Terapi obat peripheral blood stem cell transplatation yang berguna untuk menggantikan tulang rusuk yang sebelumnya telah rusak oleh zat amilod.
  • Menjalani kemoterapi.
  • Menjalani terapi obat steroid atau terapi medikamentosa.
  • Transplatasi stem cell
  • Apabila tidak segera ditindak lanjuti, penyakit amiloidosis akan menyebabkan komplikasi beberapa komplikasi jantung. Zat amilod yang terdapat dalam jantung dapat menyebabkan otot dinding jantung menjadi kaku, darah yang terdapat di dalam jantung juga akan berkurang. Terjadinya komplikasi ginjal. Akibat dari penyakit amiloidosis, fungsi ginjla akan terganggu akibatnya racun-racun yang seharusnya dikeluarkan oleh tubuh melalui ginjal akan tertumpuk di dalam. Terjadinya pendarahan (gastrointestinal amyloid)  di dalam sistem pencernaan seperti usus halus, usus besar, lambung dan anus.
READ    Cara Mengobati Penyakit Anemia Defisiensi Zat Besi

 

Sumber  gambar : Sehatq.com