5 Manfaat Melakukan Senam Musik Aerobik untuk Ketahanan Fisik

Dilansir detikhealth.com, senam adalah salah satu olahraga yang diiringi musik. Paling banyak digemari para wanita. Namun, seiring berkembangnya zaman. Olahraga senam juga diminati para pria. Ada seragam khusus saat melakukan kegiatan tersebut. Jika melakukan olahraga senam, pilih kain yang mudah menyerap keringat.

Ada beberapa jenis olahraga senam, salah satunya zumba. Kegiatan yang diiringi musik salsa memiliki gerakan unik yaitu memadukan tarian samba, salsa dan hiphop. Maka, saat melakukannya kamu akan merasa senang. Karena gerakan tersebut tidak melelahkan dan ekstrim.

Beberapa gerakan dominan sangat diminati para pecandu senam. Seperti jumping jacks, squats, dan lungers. Gerakan senam yang diiringi musik, mempunyai banyak manfaat tidak terduga. Berikut adalah 5 manfaat melakukan senam aerobik untuk ketahanan fisik.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Dilansir detikhealth.com, kegiatan olahraga yang baik dan benar bisa meningkatkan kualitas tidur. Kamu bisa melakukan aktivitas lebih baik setelah melakukan terapi tersebut. Karena gerakan-gerakan yang melemaskan otot, bisa memperbaiki metabolism tubuh.

READ  Penyebab Penyakit Anemia Defisiensi Zat Besi

Seperti dilansir dari situs doktersehat.com, manfaat kegiatan olahraga senam aerobik juga mengembalikan fungsi jantung dengan baik. Karena aliran darah dan oksigen akan menyebar ke seluruh tubuh. Kamu bisa melakukannya setiap akhir pekan bersama orang-orang tersayang.

Membakar Lemak Tubuh

Dilansir dari situs detikhealth.com, saat darah mengalir dengan baik. Kolestrol jahat akan ikut terbakar, karena tidak menumpuk dalam pembuluh darah. Sehingga, tubuh akan menjadi lebih sehat dan berat badan kembali ideal.

Namun, melakukan gerakanĀ  senam aerobik harus diimbangi dengan pola makan yang sehat. Seperti dilansir doktersehat.com, kamu bisa menjadikan kegiatan tersebut untuk diet. Sehingga, kamu mendapatkan kepercayaan diri yang tinggi.

Menguatkan Otot

Dilansir dari situs doktersehat.com, kegiatan yang melibatkan fisik bisa menguatkan otot, tulang, dan sendi. Karena semakin usia bertambah, semakin menurun fungsi tulang dan sendi. Namun, kegiatan yang melibatkan fisik tidak memiliki resiko membahayakan.

READ  Ketahui Penyakit Anemia Defisiensi Besi

Misalnya, olahraga senam aerobik. Sehingga, seperti dilansir situs detikhealth.com memperbaiki stamina tubuh. Selain itu, kamu tidak akan mudah terserang penyakit. Energi baik yang didapatkan dari makanan akan menyerap dengan baik pula. Selain itu, kamu bisa terhindar dari asam laktat. Selain itu, bisa mengonsumsi susu yang tinggi kalsium untuk menguatkan tulang lebih baik.

Meningkatkan Fungsi Organ Tubuh

Seperti dilansir dari situs detikhealth.com, kegiatan terapi fisik bisa meningkatkan fungsi organ di dalam tubuh. Kamu bisa melakukannya setiap pagi. Karena setelah bangun tidur, sel-jsel dalam tubuh diperbaiki secara alami.

Seljain itu, dilansir dari situs doktersehat.com, orang yang jarang melakukan gerakan aerobik atau olahraga lainnya. Cenderung mudah kehabisan napas. Karena kegiatan yang menyenangkan tersebut sangat baik melatih pernapasan. Sehingga, kamu harus melakukannya setiap ada kesempatan, minimal satu minggu sekali.

READ  Penyebab Tubuh Bisa Mengidap Penyakit Amiloidosis

Meredakan Stress

Dilansir dari situs detikhealth.com, setiap olahraga yang menggerakkan fisik, bisa menghilangkan stress. Sehingga, pikiran dan hati akan menjadi lebih tenang. Produktivitas dalam bekerja pun meningkat dengan baik.

Sehingga, tubuh akan mendetoks racun dari tubuh. Seperti dilansir doktersehat.com, racun yang keluar, membuat kulit cerah dan kencang. Kamu akan merasa percaya diri, karena terlihat awet muda. Orang-orang di sekitar akan mendapatkan aura positif saat mengobrol bersama kamu.

Demikian 5 manfaat melakukan senam aerobik untuk mendapatkan tubuh yang lebih sehat. Kamu bisa melakukannya setiap pagi atau akhir pekan bersama teman-teman. Namun, selama melakkan olahraga, harus menyeimbangkan dengan pola makanan sehat dan bergizi. Memperbanyak mengonsumsi vitamin dan kalsium.

 

Sumber gambar : Doktersehat.com